Powered By Blogger

Minggu, 05 Mei 2013

Implikatur (implicature)


Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kita sudah tidak asing lagi dan sering mendengar kata “implisit” atau kata “implikasi”. Namun terkadang masih sulit mendefiniskan arti secara harfiah dari kedua kata tersebut. Untuk mengenal dan mendefiniskan istilah-istilah yang telah disebutkan dan kaitannya dengan bahasan yang akan penulis bahas, yaitu mengenai implikatur dan percakapan implikatur. Kita bisa mengenal lebih spesifik dan mendefinisikan istilah implikatur baik secara literal, secara makna, ataupun secara kedua-duanya. 

Kata implikatur (implicature) diambil dari kata kerja “to imply” yang berasal dari bahasa latin “plicare”. Secara etimologis, “to imply” bermakna melipat sesuatu menjadi sesuatu yang lain. Jadi, dapat kita artikan sesuatu yang diimplikasikan adalah sesuatu yang “dilipat”, dan untuk mengetahui maknanya kita harus “bongkar” agar makna sebenarnya dapat dipahami. (Mey, 2001:45). Istilah implikatur juga dipakai untuk menerangkan apa yang mungkin di artikan, disarankan, atau dimaksudkan oleh penutur, yang berbeda dengan apa yang sebenarnya dikatakan oleh penutur itu. (Yule, 1996)

Menurut Levinson dalam Pragmatics (1983:103-104), implikatur percakapan merupakan penyimpangan dari muatan semantik suatu kalimat. Levinson mengatakan bahwa:

“ . . . by definition, conversational implicature, where the term implicature is intended to contrast with the term like logical implication, entailment and logical consequences which are generally used to refer to inferences that are derived solely from logical and semantic content. For implicatures are not semantic inferences, but rather inferences based on both the content of what has been said and some specific assumption about the co-oprative nature of ordinary verbal interaction.”

(. . . secara definitif, istilah implikatur percakapan ini dimaksudkan secara kontras dengan istilah seperti implikasi logis, dan memerlukan konsekuensi logis yang umumnya digunakan untuk merujuk kepada kesimpulan yang berasal semata-mata dari konten logis dan semantik. Implikatur bukanlah kesimpulan semantik, melainkan kesimpulan berdasarkan isi dari apa yang telah dikatakan dan beberapa asumsi tertentu tentang sifat kerjasama dari interaksi verbal biasa.)
Implikatur juga dapat diartikan sebagai penyiratan atau konsep yang mengacu pada sesuatu yang diimplikasikan (implicated) oleh sebuah tuturan yang tidak dinyatakan secara eksplisit (asserted) oleh tuturan itu. Istilah implikatur pertama kali dikemukakan oleh Grice (1975) untuk menerangkan apa yang mungkin diterangkan, diartikan, disarankan, atau dimaksudkan oleh penutur, yang bisa jadi berbeda dengan apa yang sebenarnya dikatakan oleh penutur.
Dari definisi di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa pemahaman terhadap implikatur tidak lepas dari asas kerjasama antar kedua penutur dalam sebuah interaksi percakapan. Maka untuk lebih jelasnya, kita definisikan lebih rinci ketiga istilah kata implisit, implikasi dan implikatur. Implisit bisa diartikan sebagai makna yang terkandung (meskipun tidak dinyatakan secara jelas dan terang-terangan), implikasi memiliki makna yang termasuk atau tersimpul tetapi tidak dinyatakan, sedangkan implikatur memiliki penjabaran makna yang tersembunyi dalam sebuah percakapan atau makna yang dimaksud oleh penutur yang berhubungan dengan adanya kerjasama untuk mengetahui makna yang bisa jadi berbeda.

Lalu bagaimana dengan implikatur dalam percakapan atau percakapan implikatur?

          Grice mengemukakan dalam artikelnya yang berjudul “Logical of Conversation” bahwa sebuah tuturan dapat mengimplikasikan proposisi yang bukan merupakan bagian dari tuturan tersebut. Proposisi yang diimplikasikan itu dapat disebut dengan implikatur percakapan. Dengan demikian, dapat kita definisikan bahwa implikatur percakapan adalah implikasi dari suatu tuturan yang berupa proposisi yang sebenarnya bukan bagian dari tuturan tersebut.

Terminologi implikatur percakapan (conversational implicature) yang hanya bisa diamati secara implisit diartikan sebagai “adanya keterkaitan antara ujaran-ujaran yang diucapkan antara dua orang yang sedang bercakap-cakap.” (Chaer dan Agustina, 2004:59)

Untuk lebih jelas tentang implikatur percakapan, mari kita lihat contoh dalam kalimat di bawah ini.

A: Waduh hari ini gerah sekali.

B: Ini Pak, minumannya!

Dari contoh kalimat pertama, kita bisa beranggapan bahwa cuaca hari itu memang panas sehingga membuat gerah, namun kalimat itu juga bisa menyimpan makna implisit bahwa penutur sangat haus. Sedangkan pada kalimat yang kedua, kita bisa beranggapan bahwa penutur memberitahukan bahwa minuman telah disediakan. Namun kalimat tersebut juga bisa berarti bahwa penutur mengajak atau menawarkan petutur untuk meminum minuman yang sudah disediakan.   

Disebutkan bahwa terdapat dua jenis implikatur yakni implikatur konvensional yg dihasilkan dari penalaran logika serta implikatur konversasional yang dihasilkan karena konteks tertentu. 

Penjelasan mengenai dua jenis implikatur akan dijelaskan dalam artikel berikutnya. So, tetap up-date pengetahuan Anda tentang Pragmatics dengan terus mengunjungi blog ini. Tidak lupa juga untuk pembaca tercinta, agar selalu aktif memberi komentar, saran dan kritik untuk tulisan yang lebih baik di masa yang akan datang. Terimakasih…

References

Chaer, A. & Agustina, L. (2004). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Grice, H. P. (2004). Logic and Conversation. London: University College London for Pragmatic Theory Online Course

Levinson, Stephen, C. 1983. Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Mey, Jacob L. 2001. Second Edition: Pragmatics An Introduction. Malden, Massachusetts: Oxford University Press

Yule, G. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.

1 komentar:

  1. Kak mana ya updetan artikel penjelasan 2 jenis implikatur (konvensional & konversasional) dan contoh kalimatnya?

    BalasHapus